AMEL OH AMEL

“One day your life will flash before your eyes. Make sure its worth watching.”

Taman Kupu-Kupu Gita Persada – BANDAR LAMPUNG (28 Oktober 2014)

Berhasil nyetir dari Jakarta ke Bandar Lampung! WOHOOOOO! One of  the greatest achievement I’ve made this year, hahaha.

IMG-20141026-WA0003 20141026_133848 20141026_155504

Berangkat tanggal 26 Oktober jam 11.30, nyampe jam 19.00.

Memang sih, dulu pernah juga nyetir dari Jakarta sampe Tegal, yang kata Darwin sebenarnya jaraknya justru lebih jauh dibanding Jakarta ke Bandar Lampung. Tapi tetep aja rasanya bedaaa… kalo ke Tegal kan lewat Pantura. Tau sendiri, nyetir di Pantura kan gampiiiiil, cuma lurus-lurus doang. Sementara menuju Bandar Lampung jalurnya belok-belok, naik-turun, pake nyambung  ferry pula. Lebih susye aja rasanya.

Hari ke-2 di Bandar Lampung, nekat blusukan ajak Rakata-Ranaka bertigaan doang ke… kaki Gunung Betung!😀

Padahal jalurnya itu, ambooooyyyyy…

20141028_100315

20141028_100512 20141028_100616

… aspalnya rusak paraaaaaaaaaah!

Dibanding nyasar, lebih khawatir as roda patah. Karena jika itu terjadi,  mau minta tolong siapaaah? Kambing aja nggak ada😀

Ini mah macam off road tapi naik city car.

Tapi nggak nyesel nempuh jalan ajrut-ajrutan. Tempat konservasi dan penangkaran kupu-kupu ini keren banget! Padahal punya pribadi, loh.

20141028_112250

Di bagian depan, ada museum berbentuk rumah panggung.

20141028_111825 20141028_111656 20141028_111455 20141028_111335

Di bagian samping dan belakang, baru deh lokasi penangkarannya.

20141028_103427 20141028_103512

Kita bener-bener ngelihat semua prosesnya, dari telur sampe jadi kupu-kupu yang cantik.

Yang bulet kecil warna oranye itu telurnya.

Yang bulet kecil warna oranye itu telurnya.

Ini ulat yang masih kecil, ukurannya baru beberapa milimeter.

Ini ulat yang masih kecil, ukurannya baru beberapa milimeter.

Ini ulat yang udah besar.

Ini ulat yang udah besar.

Ranaka lagi dibujuk petugasnya buat pegang kepompong.

Ranaka lagi dibujuk buat pegang kepompong.

Kupu-kupu yang fresh keluar dari kepompong!

Kupu-kupu fresh keluar dari kepompong!

Duuuh, priceless banget deh bisa menyaksikan langsung tahap-tahap metamorfosis kupu-kupu. Boleh pegang-pegang pula.

20141028_103303

Kupu-kupu Troides Helena yang terancam punah.

20141028_102855

Bukan cuma pembelajaran baru buat Rakata-Ranaka, tapi juga buat emaknya! Udah gitu, Mbak Susi (petugas yang hari itu nemenin kita) banyaaaaak banget cerita tentang fakta kupu-kupu.

Salah satunya, kupu-kupu itu ternyata nggak bisa langsung terbang ya. Kayak yang ini, baru bisa jalan ngerayap dari jari tangan sampe ke leher dan muka 😀

20141028_102341 20141028_102640

Fakta lainnya, kupu-kupu cuma berterbangan di pagi hari. Untuuuung banget kita datang ke sini jam 10-an, karena kalo siangan dikit apalagi sore udah nggak ada yang seliweran. Kalo nggak salah, di sini ada 180-an jenis kupu-kupu yang dijaga dari kepunahan.

Tamannya juga rindaaaaang. Sejauh mata memandang pasti kehalang dedaunan.

20141028_111413 20141028_105356

Trus banyak rumah pohon juga! Jadi kalo seminggu sebelumnya Rakata-Ranaka main di rumah pohon abal-abal di Little Jungle, sekarang main di rumah pohon sungguhan🙂

20141028_104724

Tiap meleng dikit, adaaa aja rumah pohon yang dipanjat mereka😀

20141028_104803 20141028_104829 20141028_104913 20141028_105556

20141028_105712 20141028_105836

Worth to visit!

Asyiknya lagi, dalam perjalanan pulang dari taman ini, kan nyoba nekat lurus aja (bukan lewat arah kita dateng karena kapok ajrut-ajrutannya), eeeh kita malah ketemu ini…

20141028_112544

…penangkaran rusa!

Sengaja nggak dibikin thread terpisah karena penangkaran ini punya Kementerian Kehutanan, dan belum ada rencana dibuka buat umum, hahaha.

Tapi penjaganya baik, jadi kita boleh masuk.

20141028_113853 20141028_113916

Bahkan, dia ngambilin buah kakao dan sepikul dedaunan biar rusanya mendekat dan Rakata-Ranaka bisa kasih makan! Makasih ya maaas (lupa tanya namanya, padahal sempet ngobrol banyak). Btw, rusanya jenis Rusa Timor.

20141028_114051

20141028_11453820141028_114620 20141028_115006 20141028_115346

Dan ternyata, pas lewat jalur sebaliknya, jalanannya lebih beradab😀

Jadi kalo ada yang mau ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada, saran terpenting adalah: lewat daerah Kemiling, jangan Bumi Kedaton.

Setelah balik ke hotel dan istirahat, malamnya sama Darwin makan di Bangi Kopitiam deh.

20141028_194507

Besoknya balik pulang ke Palembang, dan kali ini pake acara berhenti di pinggir jalan buat foto sama rambu peringatan yang selalu sukses bikin ngakak tiap perjalanan Palembang – Bandar Lampung – Palembang😀

559523_10152759952128864_6325825946439570520_n

Polisinya humoris! Hahahahaha…

 

 

 

 

 

 

12 comments on “Taman Kupu-Kupu Gita Persada – BANDAR LAMPUNG (28 Oktober 2014)

  1. Feº A
    November 5, 2014

    woow hebat nyetir jkt -lpg sendiri…mba juga tgl 24-26 okt kemarin ke Lpg, ke tanjung putus. kok Amel bisa tau2nya ada penangkaran kupu di lampung ya? menarik banget, kapan2 mau lihat juga ah..padahal mba yg masa kecilnya di lpg ga tau tuh, atau dulu mungkin belum ada. Amel tinggalnya dimana> kok sering jalan darat plg-lpg? hug and kisses buat Rakata Ranaka, mukanya nggemesin..

    • ameeeeel
      November 5, 2014

      Wah Mbak Fe, seru sekali masa kecilnya di Lampung, dikelilingi gunung dan pantai ya. Aku aja pengen loh, tua nanti kalo nggak tinggal di Salatiga, ya di Lampung🙂
      Aku tau taman ini dari baca di blog orang atau situs berita gitu *lupa*
      Kalo nggak salah, udah ada sejak tahun 1997. Milik suami-istri yang ingin melestarikan khususnya kupu-kupu Sumatera yang terancam punah karena penebangan hutan.
      Aku tinggal di Palembang, tapi kerjaan suami emang bolak-balik Palembang – Bandar Lampung. Jadi kalo pas nggak ribet, suka ngintilin mumpung anaknya juga masih kecil dan gampang diangkut😀
      Kabarin aja Mbak Fe kalo ke Bandar Lampung lagi, kali aja pas aku di sana juga🙂

      • Feº A
        November 5, 2014

        Amel, sampai sekarang mba masih cinta Bandar Lampung, teman2 masa SD masih banyak yang tinggal disana, jadi kalau ke Lpg udah pasti ga berkutik dikeroyok temen2. Dulu cuma sekeluarga kami aja yg pindah ke Lpg karena papa dinas disana, Makanannya itu lho yang enak2..mirip Plg ya. Kalau mau tahu rumah dinas papa dulu di pojokan RS Abd Moeloek dan Teuku Umar…sekarang sudah jadi pos polisi, rumahnya sudah tinggal puing dan halamannya penuh alang2..aduh sedih lihatnya.Sekarang mba kalau ke Lpg ya pasti utk jalan2, reunian sama teman2 aja, lumayan sering sih..kan cuma 30 menit terbang.. Ya lain kali kalo mba kesana panggil2 Amel..

      • ameeeeel
        November 5, 2014

        Sedih ya Mbak pasti kalo lihat rumah masa kecil seperti itu kondisinya😦
        Next time coba aku perhatiin ah kalo pas lewat.
        Jangan bahas kuliner Mbak jam segini, malah bayangin Bakso Sony nih jadinyaaaaaah.

      • Feº A
        November 5, 2014

        hahaha,,, ya udah bayangin wanginya kopi lampung aja…dah istirahat deh..

  2. emaknyashira
    November 6, 2014

    “dilarang kecelakaan di sini rumah sakit jauh” buahahahahaha, humoris abis itu polisinya. Gw seneng tuh kayak gitu mel, perginya lewat mana baliknya lewat mana biar pemandangannya ganti.

    • ameeeeel
      November 6, 2014

      Hahahaha… kocak ya peringatannya😀
      Nah,mirip sama suami tuh, suka ganti jalan… kalo ogut mah tipe setia pada satu rute, kecuali kepepet

  3. Danan Wahyu Sumirat
    November 7, 2014

    Eh aku udah lama pengen ke sini belum kesampean

    • ameeeeel
      November 10, 2014

      Coba aja ke sana, bagus kok. Datangnya pagi, pas kupu-kupunya lagi seliweran🙂

  4. mute
    November 18, 2014

    meeelll..gw yg di lampung aja belom pernah ke 2 tempat inih. mesti gw seret laki gw kalo dia lg off kerja. hahaha… itu penangkaran kupu2 kalo gak salah punya istri dr dosen suami gw kuliah dulu. krn kecintaannya ama kupu2. tp kyknya gw mesti pake aut*an gak kesana?

    • ameeeeel
      November 18, 2014

      Hahahaha… Sereeeet lakinya😀
      Iya betul, yang punya katanya pecinta kupu-kupu gitu, kalo nggak salah malah sang istri itu ahli kupu-kupu pertama di Indonesia (CMIIW ya). Tentang obat nyamuk oles, sebaiknya pake! Jadi nyamuknya tuh lucu, kayak fokus di beberapa spot doang… Ada yang sama sekali nggak ada nyamuk, eh tau-tau jalan beberapa meter dari situ doang langsung dirubung😀 jadi emang sebaiknya pake, sampe muka dan kuping kalo perlu😀

  5. maipura
    September 9, 2015

    pas kesana sore, jadi kupu2 nya banyak yang istirahat… haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 5, 2014 by .
%d bloggers like this: