AMEL OH AMEL

“One day your life will flash before your eyes. Make sure its worth watching.”

Museum Balaputera Dewa – PALEMBANG (31 Desember 2014)

Menutup tahun 2014 dengan…

…mejeng di penampakan asli Rumah Limas berusia lebih dari 300 tahun yang ada di uang kertas Rp 10.000!

20141231_132845

Ternyata Rumah Limas yang jadi ilustrasi ada di Palembang😀

Selain foto dengan latar Jembatan Musi, sepertinya foto di depan rumah ini juga bisa jadi ikonik wisata Palembang.

Rumah Limas-nya berdiri di bagian belakang museum. Agak bingung juga sih pas lihat isi museum ini. Kok, isinya sama dengan yang di museum Taman Purbakala yang beberapa hari sebelumnya kita datengin. Ternyata sebagian merupakan replika. Ada juga binatang-binatang khas Sumatera (khususnya Sumatera Selatan) yang diawetkan. Ada tengkorak asli manusia purba juga.

20141231_131038 20141231_131131 20141231_130811 20141231_131527 20141231_133428 20141231_134059 20141231_131848 20141231_132649

20141231_132328

Di sini juga ada baju-baju adat dari berbagai daerah di Sumatera Selatan, yang ternyata beda-beda ya tiap kota! Padahal selama ini ngiranya, baju adat Sumatera Selatan itu ya baju adat Palembang. Ternyata bukaaaaan. Tiap kota punya baju adat sendiri. Ada baju adat Palembang, baju adat Prabumulih, baju adat Muara Enim, baju adat Pagaralam, dst. Gila, beragam banget! Payah nih buku RPUL jaman dulu itu, infonya nggak kumplit😀

20141231_130618

Sayangnya (lagi-lagi) museum seperti kurang niat dikelolanya, huhuhu. Coba dibikin eksotis kayak Museum Ullen Sentalu gitu, pasti jauuuh lebih menarik. Tapi beberapa bagian terlihat lagi direnovasi pas kita datang. Semoga jadi lebih baik🙂

 

13 comments on “Museum Balaputera Dewa – PALEMBANG (31 Desember 2014)

  1. Ryan
    January 5, 2015

    Mba… itu foto anak atau foto uang?
    Asik nih liburannya…

    • ameeeeel
      January 6, 2015

      Hahahahahaha… iyaaaa, kelupaan narik uangnya😀

      • Ryan
        January 6, 2015

        hahahaha. kirain sengaja mba.

  2. Avant Garde
    January 5, 2015

    kalo yg palembang aku cuma tau aesan gede (mirip basahan kalo di jawa) sama aesan pasangkong (yang pake baju)😀

    • ameeeeel
      January 6, 2015

      Heeeh? Emang Palembang sendiri pun banyak jenisnya juga ya? Dueeerr… baru tauuuu😀

      • Avant Garde
        January 6, 2015

        dua itu aja sih yg ku tau hehehe… kalo yg baju gede pake kemben, yg pasangkong pake baju kayak baju kurung warna merah🙂

      • ameeeeel
        January 6, 2015

        Yang kayak baju kurung warna merah sih ada, tapi kalo yang kemben kayaknya kemaren nggak ada di display deh. Hampir semua memang kayak baju kurung sih, tapi warna baju dan hiasan di kepala/badannya beda-beda tiap kota🙂

      • Avant Garde
        January 6, 2015

        ya yang sebelah kiri tuh aesan gede😀

  3. Feº A
    January 5, 2015

    Mel, tadinya ga ngeh waktu lihat kok 10 ribuan difoto …ternyata rumah limasan ada disitu, baru tahu juga..

    • ameeeeel
      January 6, 2015

      Iya Mbak, aku pun baru tau. Sayang kurang dipromosikan, padahal bisa jadi nilai jual museumnya menurutku🙂

  4. Gusti 'ajo' Ramli
    January 10, 2015

    Ooo. Ternyata gambar uang 10 ribu diambil dari rumah tersebut ya… TFS…

    • ameeeeel
      January 13, 2015

      Iya, dulunya rumah sultan, katanya ini rumah udah sempet dipindah 3x sebelum akhirnya berlabuh di museum ini🙂

  5. Putri
    February 4, 2015

    oh iya bener itu sama dengan gambar yang di uang 10.000 ya ^_^🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 5, 2015 by .
%d bloggers like this: